Berikut ini kumpulan informasi terkait dengan Flipped Learning
Flipped Classroom dalam Paradigma Pedagogi Ignasian
Universitas Yesuit, Spiritualitas Ignasian Beberapa tahun terakhir, Universitas Sanata Dharma giat menyelenggarakan hibah pembelajaran berparadigma pedagogi Ignasian dan mendorong para pengampu matakuliah untuk menerapkannya dalam pengajaran. Penulis mendapatkan...
Asesmen dalam Flipped Classroom
A. Praktek Baik Asesmen dalam Flipped Classroom Praktek baik asesmen dalam Flipped Classroom (FC) sebenarnya merupakan praktek baik asesmen pada umumnya yang diterapkan dalam konteks FC. Beberapa praktek baik ini misalnya meliputi: Menyelaraskan tujuan...
Merancang Aktivitas di dalam Kelas
A. Tujuan Aktivitas di dalam kelas merupakan kegiatan yang dilakukan setelah kegiatan di luar kelas. Hal ini menjadi sesuatu yang khas pada pembelajaran Flipped Classroom. Apa sebenarnya yang diinginkan dengan merubah susunan pembelajaran bahwa kegiatan di luar kelas...
Merancang Aktivitas di Luar Kelas
FLIPPED CLASSROOM: PENGEMBANGAN FASILITASI AKTIVITAS LUAR KELAS MENGGUNAKAN SOFTWARE BANTU QUESTION MACHINE & MINDMASTER DI LMS MOODLE UNIVERSITAS SANATA DHARMA Flipped Classroom merupakan metode pembelajaran yang bertujuan membalik metode tradisional, yang...
Merancang Flipped Classroom
Pengantar Setelah kita memahami konsep mengenai flipped classroom, hal penting berikutnya yang harus kita ketahui adalah bagaimana flipped classroom dirancang. Dengan perencanaan yang matang, implementasi model di kelas akan lebih lancar. Namun, sebelum kita membahas...
Konsep Dasar Metode Flipped Classroom
Pendahuluan Belajar adalah tentang bagaimana menciptakan pengalaman bermakna bagi peserta didik untuk dapat menimba ilmu. Menciptakan pengalaman bermakna meliputi tiga hal, yaitu (1) menciptakan ekosistem untuk mau belajar, (2) menciptakan pengalaman yang kontekstual,...