
Pelayanan Maksimal dengan Sepenuh Hati
Memuaskan kebutuhan konsumen adalah keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci untuk mencapai tujuan perusahaan.
Orientasi terhadap Pelayanan Pelanggan (Customer Service Orientation) adalah keinginan untuk membantu atau melayani orang lain untuk memenuhi kebutuhan mereka. Artinya berusaha untuk mengerti kebutuhan pelanggan.
Dalam menjalani suatu pekerjaan, kita selalu dituntut untuk melakukan yang terbaik bagi penerima jasa yang kita berikan. Belajar untuk selalu melakukan tidak hanya sebatas standar yang ada dari job desc yang dimiliki. Sebagai penerima jasa, mereka tidak akan pernah tau apa yang terjadi di tempat kita bekerja. Apakah ada kendala? Ada masalah pribadi? Atau hal apapun itu. Yang dipahami bagi penerima jasa adalah kita harus memberikan layanan yang terbaik.
Melepaskan ego merupakan salah satu cara untuk dapat memberikan yang terbaik bagi penerima jasa. Belajar untuk sedikit demi sedikit meninggalkan kepentingan diri sendiri demi kepentingan bersama dan berada dalam tujuan yang sama, yaitu memberikan pelayanan yang terbaik. Sikap tersebut tidak lengkap tanpa kita mencintai pekerjaan yang dimiliki. Ketulusan yang dimiliki akan dirasakan oleh penerima jasa. Tahukah kalian bahwa satu senyuman dapat membuat perubahan dari diri orang lain? Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu, untuk melakukan suatu hal yang besar. Mulailah dengan memberikan satu senyuman kecil untuk setiap orang yang bertemu denganmu apapun kondisi dirimu. Seperti tertulis, “Don’t be yourself, but be the best version of you”. Terus semangat menjalani hari dan jangan lupa tersenyum hari ini.
Penulis: Virenda Rut Techina Pandaleke
Editor: Tamarischa Pradhiasari