Karya Tulis,  Podjok Merenung

Integritas Dalam Melayani

Perjumpaan adalah hal yang tidak bisa ditebak. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi dengan sebuah perjumpaan, apalagi jika itu dengan orang baru atau orang yang belum kita kenal. Tak lepas dari sebuah pelayanan, perjumpaan dengan orang-orang baru yang datang membutuhkan bantuan sungguh menantang. Sangat menarik dapat bertemu dengan orang-orang baru dan mendengarkan apa yang mereka butuhkan serta berpikir apa yang harus kita lakukan untuk mereka. Pelayanan yang kita berikan pun mempengaruhi respon dari orang-orang yang kita temui di kemudian hari.

Semuanya tentang kualitas melayani itu sendiri. Saat melayani orang baru maupun orang yang mungkin sudah kita kenal, kita dituntut untuk dapat memberikan yang terbaik bahkan dalam kondisi yang tidak baik sekalipun. Bagi saya itu sangat menantang karena terkadang kita datang untuk melakukan tugas dan kewajiban kita dengan membawa beban hidup masing-masing. Apalagi kita sebagai mahasiswa bukan? Datang ke kantor mungkin memikirkan tugas kuliah, pertemuan dengan dosen pembimbing, rapat ini rapat itu, dan mungkin saja permasalahan pribadi dengan teman atau orang lain. Bagi saya itu tidak mudah untuk tetap terlihat tidak ada apa-apa dan tetap terlihat ramah di depan orang yang sedang kita layani. Apalagi kita harus memberikan respon yang tepat terkait kebutuhan mereka. Mereka datang bukan tanpa alasan dan kita memiliki tanggung jawab untuk memberikan tanggapan yang terbaik bagi mereka. Rasanya seakan hanya kita yang selalu berusaha mengertikan orang lain tanpa mereka tau bagaimana dengan kita. Tak apa-apa, itu adalah bagian dari pelayanan. Bagi saya disitulah integritas kita dalam bertanggung jawab juga diuji.
Penulis : Karunia Setia
Editor : Margareth