(0274) 513301, 515352 Ext. 51552 (VoIP) ppip@usd.ac.id

Narasumber: Prodi PBSI (Bpk. J.B. Judha Jiwangga M.Pd. dan Mahasiswa)

Pada: 17 September 2022 – 24 September 2022

Studio PPIP memfasilitasi dosen dari prodi PBSI, Bpk J.B. Judha Jiwangga M.Pd. untuk penyusunan produk penelitian dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Materi Musikalisasi Puisi Berbasis TPACK untuk Mata Kuliah Pengkajian dan Apresiasi Sastra Indonesia. Kegiatan ini melibatkan mahasiswanya dengan dikoordinasi bersama J.B. Yudha Jiwangga, M.Pd.

Rangkaian kegiatan bermula pada kegiatan rekaman instrumen musik pada tanggal 17 September 2022, dilanjutkan dengan kegiatan rekaman vokal pada tanggal 19 dan 22 September. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa mahasiswa aktif terpilih oleh prodi PBSI. Kegiatan berlanjut pada agenda Pergelaran Sastra pada 23 September 2022 dan Syuting Video Pembelajaran pada 24 September 2022.

Proses kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik untuk penelitian prodi. Hasil penelitian nantinya akan dijadikan produk berupa video pembelajaran dengan kualitas yang lebih baik. Upaya ini selaras dengan tujuan prodi PBSI yang berkeinginan untuk menjadikan lingkungan belajar yang berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge), konsep pembelajaran dengan kombinasi antara teknologi dan pedagogi dalam pengembangan konten dalam ranah edukasi.