LPMAI USD – Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal Universitas Sanata Dharma baru saja melakukan external benchmarking dengan LPM Universitas Ciputra. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24 November 2023 di Ruang 232, Main Building, Universitas Ciputra dan dihadiri oleh 14 peserta. Struktur organisasi dari LPM Universitas Ciputra sendiri yaitu Head ICT UC, Head QA UC, Vice Head ICT, Vice Head QA, dan Staff.

Rangkaian kegiatan external benchmarking ini diawali dengan penyambutan yang dilakukan oleh Universitas Ciputra dengan menampilkan performance, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan perkenalan singkat oleh Ibu Lenny Rosita, ST.M.MT, CRP selaku pimpinan Quality Assurance UC. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan perkenalan dari LPMAI USD oleh Ibu Dr. apt. Yustina Sri Hartini selaku ketua LPMAI USD. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh para peserta dari LPMAI USD dan LPM UC.

Sesi diskusi dari kegiatan ini membahas mengenai mekanisme penyesuaian standar dengan Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023, Sistem Informasi untuk menghitung kesiapan akreditasi program studi, Penjaminan Mutu ketercapaian Outcome-Based Education (OBE) yang didukung oleh SI (mulai dari Kurikulum, RPS, hingga pengukuran OBE), sistem manajemen mutu dan mekanisme audit internal (AMI dan Monev), dan sistem perankingan internasional.

Melalui kegiatan ini, LPMAI belajar mengenai sistem informasi yang sudah komprehensif dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan penjaminan mutu hingga menghitung kesiapan Akreditasi Program Studi. Quality Assurance Universitas Ciputra juga telah mampu memastikan pengukuran Outcome-Based Education (OBE) telah didukung oleh sistem informasi dengan baik mulai dari memasukkan RPS, memasukkan nilai hingga OBE akan terukur ketercapaiannya. Intrumen AMI dibangun berdasarkan 9 kriteria pada borang akreditasi.