External benchmarking – Badan Penjaminan Mutu Universitas Airlangga (Kamis, 23 November 2023) kami belajar mengenai mekanisme pengajuan borang akreditasi baik nasional maupun internasional. Untuk mengupayakan penjaminan mutu dalam ranah internasionalisasi, Universitas Airlangga memiliki pendamping Akreditasi Internasional. Pada tahun ini ada 15 prodi yang mengajukan akreditasi internasional. Prodi akan melakukan kontrak kinerja setiap 3 bulan dan harus melaporkan progress capaiannya. Struktur organisasi BPM Universitas Airlangga terdiri dari ketua, sekretaris, koordinator bidang akreditasi nasional, koordinator bidang akreditasi internasional, koordinator bidang audit dan pengukuran, dan staff administrasi.

Instrumen AMI dibangun berdasarkan 9 kriteria pada borang akreditasi. Data yang ditarik adalah data 3 tahun terakhir sesuai kepentingan akreditasi dari sistem yang ada. Ada sistem informasi untuk evaluasi diri dan manajemen risiko. Dalam pelaksanaaan audit, ada dua auditor dengan tahapan yaitu penilaian dokumen, pembagian jadwal untuk audit lapangan, penilaian, lalu yang terakhir hasil audit mutu kelujar dalam bentuk bintang (satu – 5 bintang). Lalu dari sini nanti akan ada validator untuk mengecek dari setiap prodi.

Seluruh proses sudah terakomodir dengan sistem informasi sehingga hal ini dapat menjadi kemudahan bagi Badan Penjaminan Mutu Universitas Airlangga untuk memastikan ketercapaian penjaminan mutu pada seluruh unit.