LPMAI USD – Pada tanggal 5 – 15 September 2023 Instituto Sao Joao De Britto (ISJB) melakukan External Benchmarking di Universitas Sanata Dharma. Beberapa program yang ingin dipelajari yaitu terkait dengan kepemimpinan, sistem penjaminan mutu baik akademik maupun non-akademik, pengelolaan pembelajaran, kemahasiswaan, keuangan, sarana dan prasarana, dan penyusunan kurikulum.

Senin, 11 September 2023 Dr. apt. Yustina Sri Hartini dan Fransisca Desiana Pranatasari, S.E., M.M. mewakili Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal Universitas Sanata Dharma berkesempatan untuk menjadi pembicara pada kegiatan External Benchmarking dengan topik Sistem Monitoring dan Penjaminan Mutu. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Seminar LPPM, Kampus 2 Universitas Sanata Dharma.

Landasan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal USD dilakukan berdasarkan beberapa peraturan yaitu pada UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti no 62 Tahun 2016, permendikbud no 3 Tahun 2020 dan permendikbud no 5 Tahun 2020 tentang akreditasi prodi dan PT. Kini sejak disahkan peraturan baru yaitu Permendikbudristek  Nomor 53 Tahun 2023 yang diberlakukan sejak 16 Agustus 2023 kini, mulai dilakukan beberapa penyesuaikan terkait kebijakan yang baru ini. Pelaksanaan SPMI di USD dilakukan dengan berlandaskan siklus PPEPP (penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan). Harapannya hal ini dilakukan untuk mengakomodir pencapaian yang kemudian diukur oleh pihak luar yang disebut dengan sistem penjaminan mutu eksternal (SPME). Dalam forum ini, baik Universitas Sanata Dharma maupun Instituto Sao Joao De Britto (ISJB) saling memberikan informasi yang mengembangkan masing-masing institusi.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Perbaikan berkelanjutan harapannya dapat dilakukan masing-masing institusi. Semoga Instituto Sao Joao De Britto (ISJB) bisa mendapatkan pengalaman dan  insight baru.