LPMAI USD Selama tiga hari kedepan Gereja merayakan misteri terbesar karya penebusan yaitu sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus atau yang sering disebut sebagai Tri Hari Suci. Tri Hari Suci terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci. Pada tahun 2023 ini Tri Hari Suci jatuh pada tanggal 6 – 8 April 2023. Misa Tri Hari Suci ini dapat dilakukan di Gereja maupun Kapel, salah satunya pada Kapel yang berada di Universitas Sanata Dharma yang jadwal misanya dapat dilihat pada laman Campus Ministry Universitas Sanata Dharma atau dengan link https://instagram.com/campusministryusd?igshid=YmMyMTA2M2Y=.

Kamis Putih merupakan peringatan untuk mengenang dan merenungkan malam perjamuan terakhir Yesus Kristus, misa Kamis Putih memiliki simbol berupa upacara pembasuhan kaki yang dilakukan oleh romo, uskup, dan paus kepada para umat yang terpilih dalam lingkungan gereja, pembasuhan kaki ini memiliki makna kerendahan hati seorang pemimpin melayani umatnya. Jumat Agung diperingati untuk mengenang wafat dan penderitaan Yesus di kayu salib, misa Jumat Agung memiliki simbol berupa prosesi penciuman kaki Yesus di kayu salib. Sedangkan Sabtu Suci merupakan peringatan perayaan ekaristi peristiwa terang, misa Sabtu Suci disimbolkan dengan menyalakan lilin sebagai bentuk cahaya hati kudus Yesus yang menerangi dunia dengan cinta kasihnya, yang mana dalam Sabtu Suci kita diajak untuk berbahagia menanti kebangkitan Yesus.

Selamat merayakan Tri Hari Suci 2023. Sebagai umat yang beriman kepada Tuhan Yesus, mari rayakan Tri Hari Suci ini dengan penuh kasih dan pengharapan.