Bellarminus Day 2014

Pesta Perayaan St. Robertus Belarminus’ Day

Novena : 8-16 September 2014
Ekaristi SYukur dan Open House Pasturan : 21 September 2014

St. Robertus Bellarminus adalah seorang imam Yesuit, teolog dan uskup yang karya-karyanya banyak dijadikan refensi oleh Gereja Katolik dalam upaya mempertahankan ajaran iman. Ia lahir di Mentpulciano, Italia, 4 Oktober 1542 dan wafat di Roma, 17 September 1621. Tahun 1930 Paus Pius XI mengkanonisasi Santo Robertus Bellarminus. Dan Sejak 17 September 1931 (bertepatan dengan wafatnya) St. Robertus Bellarminus dianugerahi gelar Pujangga Gereja.

Civitas Academica Sanata Dharma yang salah satu nilai dasarnya adalah “mencintai kebenaran”, menjadikan St. Robertus Bellarminus sebagai pelindung komunitas terpelajar ini.

Pada tahun 2014 ini, Campus Ministry bersama komunitas kolese St. Robertus Bellarminus (Pasturan Sanata Dharma) menyelenggarakan St. Robertus Bellaminus Day. Kegiatan dimulai dengan Novena “Berdoa Bersama St. Robertus Bellaminus” pada tanggal 8-16 September 2014. Pada Minggu 21 September 2014 diadakan Ekaristi Syukur yang di Kapel St. Robertus Bellarminus Mrican dan dilanjutkan dengan acara Open House di Pasturan Kolese St. Robertus Bellarminus.

Perayaan St. Bellarminus Day diawali dengan Ekaristi hari Minggu di Kapel Bellarminus pukul 07.30 yang dipersembahkan oleh Rm Frans Susilo, SJ; Rm Buddy Haryadi, SJ; dan Rm. Hendra Dwi Asmara, SJ. Setelah Ekaristi, umat diundang dalam acara ramah tamah di Pastoran Bellarminus.

Dalam homilinya, Rm Frans Susilo, SJ mengungkapkan bahwa civitas academica Sanata Dharma memiliki cita-cita yang sama dengan cita-cita St. Robertus Bellarminus: mendidik kaum muda untuk menjadi cendekiawan yang unggul. Rm Susilo mengajak seluruh umat untuk meneruskan semangat ini, menjadi unggul dalam setiap peran kita, di manapun kita berada, sebagai ungkapan syukur atas berkat cinta Tuhan pada kita. Semua ini demi kemuliaan Allah yang lebih besar (Ad Maiorem Dei Gloriam).

Sekitar 500 umat termasuk beberapa dosen, karyawan, dan mahasiswa Sanata Dharma ikut beramah-tamah dan santap pagi bersama para Romo, bruder, dan frater yang tinggal di komunitas bdBellarminus. Acara dimeriahkan dengan penampilan komunitas-komunitas partner Campus Ministry. Bahkan, kolaborasi Yesuit dan mahasiswa (Rm Hendra, Fr Paul, Fr Wanto, Br Dieng, Stephanus Dio) ikut menyumbangkan suara merdunya lewat dua buah tembang, “I Beg to Fall in Love with Thee, My Lord” dan “Sakjeke kulo ndherek Gusti”. Semoga ada orang-orang muda yang tertarik untuk mengikuti jalan hidup mereka.

Semoga di kesempatan mendatang, peringatan St. Robertus Bellarminus ini tidak hanya menjadi saat untuk bersukacita saja tapi juga menjadi momen untuk berefleksi, apakah kita sungguh-sungguh menjadi penggali kebenaran yang unggul seperti St. Robertus Bellarminus dan sejalan dengan visi Sanata Dharma.

(CM)

[share title=”Share this Post” facebook=”true” twitter=”true” google_plus=”true”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *